Belajar Cara Menggunakan Kartu ATM Dengan Aman

Kartu ATM adalah salah satu fasilitas perbankan penting bagi nasabah sebuah bank. Dengan kartu ATM seorang nasabah bisa dengan mudah melakukan berbagai transaksi penting apalagi jika anda seorang pengusaha baik pengusaha online ataupun pengusaha offline. Transaksi penting melalui ATM itu antara lain adalah:

  1. Transfer uang baik antar bank ataupun beda bank
  2. Penarikan uang secara tunai
  3. Pembayaran berbagai macam tagihan seperti listrik telepon pdam dan lain-lain tentunya jika bank yang bersangkutan memberikan layanan ekstra dalam ATM.
  4. Pengecekan jumlah saldo tabungan
  5. Belanja atau pembayaran di kasir untuk tempat-tempat tertentu seperti di mall, laboratorium di pom bensin dan lain-lain
  6. Pembelian pulsa prabayar

Nah karena ATM ini sangat penting fungsinya maka bagi para pemula khususnya yang belum pernah menggunakan kartu ATM, maka Tips Dani kali ini akan memberikan panduan terurut dalam menggunakan kartu ATM di mesin ATM.

Khusus untuk penarikan uang, pastikan jika Anda ingin menarik uang semisal pecahan 50 ribuan, maka Anda harus menuju mesin ATM dengan tulisan 50.000, dan bukan 100.000.

Adapun urutan yang benar cara menarik uang dari mesin ATM adalah sebagai berikut:

  1. Memasukan kartu ATM ke dalam mesin ATM (masukkan bagian dari sisi kiri kartu terlebih dulu jangan sampai terbalik, karena jika terbalik maka secara otomatis mesin ATM akan menolak kartu ATM Anda), adapun pada kartu ATM tertentu biasanya ada tanda panah. Maka tanda panah itulah sisi yang harus Anda masukan terlebih dulu.
  2. Setelah kartu ATM masuk ke dalam mesin, tunggulah sampai tampilan layar monitor meminta Anda untuk memasukkan nomor PIN.
  3. Masukan nomor PIN dan pastikan bahwa sekeliling Anda aman dari para pengintai ketika Anda memasukkan nomor PIN, dengan cara merapatkan tubuh anda ke mesin ATM.
  4. Setelah memasukan nomor PIN dengan benar, maka pilihlah transaksi yang Anda diinginkan dengan menekan tombol yang ada disisi layar lurus dengan menu transaksi yang ingin Anda pilih. Misalnya pilihan utnuk penarikan secara tunai atau menu transaksi lainnya untuk melihat layanan transaksi yang lainnya.
  5. Ikuti perintah selanjutnya sesuai yang tertera di layar (biasanya pilih mata uang yang akan digunakan misalnya seperti rupiah, masukan jumlah uang yang akan ditarik (kelipatan 100 ribu atau 50 ribu, Anda tidak bisa mengambil uang dari ATM seperti 22.750 atau pecahan ganjil lainnya, kecuali pada proses transfer uang, barulah bisa dilakukan)
  6. Ambilah uang Anda yang keluar dari lubang uang yang ada dibawah mesin ATM tersebut. Jika anda tidak segera mengambilnya, maka mesin ATM akan menariknya kembali. Adakalanya pada transaksi penarikan uang tertentu justru Anda diminta untuk mengambil kartu ATM Anda terlebih dahulu sebelum mengambil uangnya.
  7. Bila proses transaksi telah selesai, pilihlah pernyataan bahwa anda selesai bertransaksi pada layar monitor.
  8. Tunggu hingga kertas bukti transaksi keluar dari mesin ATM, dan ambilah. Namun adakalanya pada beberapa mesin ATM tertentu tidak mengeluarkan kertas sebagai tanda bukti transaksi. Namun itu tidaklah penting karena Anda masih bisa melihat sisa saldo Anda pada layar yang tertera.
  9. Setelah itu kartu ATM Anda akan keluar dengan sendirinya, ambil dan transaksi anda berhasil.

Seperti itulah urutan penggunaan kartu ATM untuk menarik uang di mesin ATM, semoga bermanfaat bagi sobat Tips Dani khususnya yang baru menggunakan fasilitas ATM.

Belajar Cara Menggunakan Kartu ATM Dengan Aman | MicroSiv | 4.5