Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula (Materi Dasar dan Pengenalan)

Di Gitar

Gitar adalah salah satu instrumen musik petik yang sangat digemari oleh banyak orang. Kalian bisa melihat sendiri bahwa banyak sekali orang yang bisa bermain gitar, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun. Itulah yang menjadikan gitar sebagai instrumen musik pilihan yang sangat diminati banyak orang. Terlepas dari itu semua gitar juga bisa digunakan untuk memainkan berbagai aliran musik apa saja, mulai dari musik bernuansa pop, rock, dangdut, hard metal, musik klasik, jazz, dan lain-lain. Yang pada dasarnya bahwa memainkan gitar jauh lebih mudah dibandingkan dengan instrumen musik lainnya. Dari segi harganya pun gitar jauh lebih terjangkau, bahkan siapapun bisa membeli gitar dengan harga yang cukup terjangkau.

menguasaienglish

Adapun sebagian orang memang ada yang belajar untuk bermain gitar secara serius dan memang bertujuan untuk dijadikan sebuah profesi. Kamu bisa belajar bermain gitar dengan mengikuti kursus musik, masuk sekolah musik, atau juga dengan cara mendatangkan guru untuk les privat ke rumah, bahkan bisa juga dengan belajar sendiri secara otodidak. Nah, kali ini, saya akan membahas Tips Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula (Materi Dasar dan Pengenalan). Saya akan terlebih dahulu mengenalkan dasar-dasarnya saja agar memudahkan kalian dalam belajar bermain gitar, Check this out !

Pengenalan dasar bermain gitar

Sebagai permulaan nateri dasar bermain gitar ini akan saya kelompokkan menjadi beberapa bagian yang diantaranya meliputi pengenalan alat musik gitar, posisi tangan ketika memegang gitar, cara menyetem  senar gitar, cara memetik gitar dengan menggunakan kelima jari, serta cara memegang pick. Namun bahasan ini tidak munkin saya jelaskan sekaligus karena keterbatasan waktu, dan juga tentunya jika saya bahas sekaligu akan membingungkan kalian semua. Karena cara belajar yang efektif adalah dengan sedikit-sedikit serta perlahan.

Mengenal bagian gitar

Kita tahu bahwa gitar sebagai instrumen musik petik tentu saja memiliki beberapa bagian yang berfungsi sebagai penunjang untuk memainkan nada serta menghasilkan suara. Pengenalan pada bagian gitar ini akan sangat membantu kalian untuk mengetahui jenis gitar seperti apa yang nantinya akan kalian pakai, apakah “gitar akustik” atau “gitar elektrik”. Selain itu, gitar juga memiliki beberapa perbedaan satu sama lain pada tiap komponennya tergantung dari jenis gitar itu sendiri serta akan dipakai untuk memainkan jenis musik apa, contohnya perbedaan pada jumlah “fretboard” pada setiap gitar akan berbeda, ada yang berjumlah 21, 22, 24, dsb. Selain itu gitar juga dapat dibedakan berdasarkan material bahannya, umumnya ini akan mengarah pada perbedaan jenis kayu yang digunakan akan menghasilkan ouput suara yang berbeda pula, dan masih banyak lagi perbedaan yang lainnya.

Hal pertama yang mesti kalian tahu adalah bahwa senar gitar terhubung diantara “head” (kepala) dan “bridge” pada bagian bawah. Pada bagian head terdapat “tuning peg” yang fungsinya  untuk menyetem senar agar menghasilkan nada suara yang sempurna serta tidak sumbang.

Adapun pada bagian fretboard, sejumlah kolom-kolom fret. Dan pada beberapa kolom fret biasanya terdapat “inlay” yang berfungsi sebagai penanda nomor kolom fret yang akan memudahkan jari kamu dalam memainkannya.

Perbedaan antara gitar akustik dan gitar elektrik

Jika kalian ada yang belum tahu, dan bertanya apa perbedaan antara gitar akustik dan gitar eletrik, maka keduanya dibedakan dari bentuk konstruksinya. Pada gitar akustik memiliki “sound hole” atau lubang pada bagian body gitar, sedangkan pada gitar elektrik tidak memilikinya karena telah menggunakan body yang solid. Sebagai penggantinya maka gitar elektril menggunakan pick up sebagai penangkap getaran yang kemudian akan diubah menjadi gelombang suara. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat perbedaan keduanya pada gambar di bawah ini.

Posisi cara memegang gitar yang benar

Kebanyakan orang khususnya para pemula ketika belajar bermain gitar, tidak begitu memperhatikan bagaimana posisi tangan mereka saat memegang gitar. Padahal ini adalah hal pertama yang sangat penting, karena posisi saat kamu memegang gitar ini sebenarnya juga akan mempengaruhi kebiasaan nantinya jika kamu sudah mahir memainkannya. Contoh sederhana ketika kalian belajar “strumming” atau menggenjreng, maka posisi tangan yang benar adalah berada diantara sound hole dan brigde. Posisi strumming juga tentunya akan mempengaruhi output nada suara yang dihasilkan.

Saya rasa bahasannya cukup sampai disini aja dulu, sekali lagi ini adalah baru permulaan dan belum apa-apa. Itu artinya saya masih akan memberikan banyak materi bahasan tentang gitar ini, yang pastinya akan semakin seru untuk kalian ikuti, apalagi nanti saya akan memerikan bahasan teori chord-chord pada gitar. Sesuai dengan apa yang saya sampaikan di awal bahwa belajar sesuatu harus dengan perlahan-lahan, jangan semua materi dipelajari dalam satu bahasan, yang nantinya akan membuat kamu bosan serta tidak optimal hasilnya.

Sampai jumpa di materi selanjutnya.

menguasaienglish

author
Penulis: 
No related post!

Tinggalkan pesan "Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula (Materi Dasar dan Pengenalan)"

Baca Juga×

Top