Tips Cara Mengakses Layanan E-Mail non-GMail pada Perangkat Android Anda

Di Internet

Seperti kita tahu bahwa Android dibangun dengan menggunakan platform dari Google, bahkan tidak terkecuali layanan e-mailnya seperti GMail. Timbul satu pertanyaan di kalangan para pengguna android, bagaimana jika Anda menggunakan penyedia layanan e-mail yang berbeda untuk email Anda, namun Anda ingin tetap menggunakan perangkat android? misalnya Outlook (Hotmail) yang merupakan salah satu layanan email gratis yang paling populer di web saat ini selain GMail.

menguasaienglish

Nah… sobat Tips Dani, bagi Anda yang sering bertanya mengenai hal ini, berikut saya akan bagikan tips cara mengatasi hal tersebut. Pertanyaan ini sangat banyak ditanyakan di forum-forum yang membahas mengenai cara kerja perangkat android.

Jika Anda selama ini menggunakan layanan email Outlook atau Hotmail maka Anda terlebih dahulu harus melakukan pengaturan terhadap perangkat Android yang Anda gunakan, dan sebenarnya caranya cukup mudah, tapi jarang sekali orang tahu akan hal ini.

Diantara dua pilihan untuk dapat terkoneksi

Namun sebelumnya saya akan menerangkan dulu sedikit perbedaan antara G-Mail dengan Hotmail. Semua orang tentunya telah tahu tentang Gmail, yups… sebuah layanan milik perusahaan raksasa Google. Jika Anda berpikir bahwa Gmail adalah layanan surat elektronik gratis yang terbaik saat ini, maka itu artinya bahwa Anda telah menganggap remeh semua layanan e-mail lainnya. Namun tidak bagi sebagian orang (mungkin salah satunya Anda), yang masih setia menggunakan layanan e-mail diluar Google, seperti Hotmail misalnya.

Atau jika Anda hanya mencoba untuk sekedar menghindari menggunakan Gmail sebagai layanan e-mail Anda, maka Outlook yang merupakan produk resmi dari Microsoft adalah pilihan yang sangat baik dan sangat disarankan.

Memasang Outlook pada perangkat Android

Meskipun Outlook dan Android bagaikan dua sisi mata uang yang berbeda dan tidak memiliki banyak kesamaan, bukan berarti bahwa keduanya tidak bisa disandingkan secara bersamaan. Ini sebenarnya sangatlah mudah dan jika pengguna android melakukannya denga benar maka akan menjadikannya sebagai salah satu aplikasi mobile email terbaik yang pernah ada, dengan keistimewaan sbb:

  • Outlook memiliki dukungan terhadap beberapa account. Yang tidak hanya terbatas pada account Outlook atau Hotmail Anda saja. Ia juga bekerja dengan Google, Yahoo, dan rekening iCloud, serta Exchange dan IMAP.
  • Sebuah kotak masuk terfokus. Outlook menyaring setiap pesan terpenting Anda melalui kotak masuk terfokus untuk akses yang mudah, berdasarkan e-mail apa yang sering Anda baca, juga e-mail yang sering Anda balas, dan yang tidak penting akan masuk ke dalam inbox lainnya.
  • Terintegrasi dengan akun cloud secara komprehensif. Outlook otomatis dapat terintegrasi dengan akun penyimpanan cloud Anda, dan Anda dapat menambahkan akun Dropbox dan Box juga. Ini perpaduan yang sangat sempurna dimana Anda dapat melakukan penambahan dan penyimpanan terhadap semua file Anda.
  • Pesan terjadwal. Anda dapat menjadwal setiap pesan yang ingin Anda kirimkan dan yang akan Anda terima. Anda juga akan mendapatkan notifikasi baru untuk mengingatkan Anda untuk membalas pesan tertentu yang telah Anda jadwalkan sebelumnya.

Cara Setup Outlook App di Android

  1. Ketika Anda pertama kali membuka aplikasi Outlook, Anda akan melihat di layar tulisan “Add Account”. Pilih Outlook untuk akun Microsoft Anda, yang nantinya alamat email Anda akan berakhiran @hotmail.com atau @live.com.

  2. Jika Anda ingin mengaktifkan fitur “Two-Factor Authentication” untuk memberikan keamanan lebih terhadap akun Anda, maka ikutilah semua petunjuk yang tertera pada layar perangkat Anda, seperti Anda akan diminta untuk menambahkan alamat e-mail lainnya sebagai pemulihan, password, serta kode lainnya.

  3. Klik “Settings” (ikon roda penggerak) di pojok kanan atas untuk melakukan pengaturan. Klik tulisan “Focused Inbox” untuk menyalakan filter e-mail. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyaring pesan Anda lebih lanjut, hanya menampilkan pesan yang belum dibaca atau ditandai, atau pesan dengan lampiran.

  4. Di bagian bawah layar, Anda akan mendapatkan akses cepat ke kalender Microsoft dan kontak, serta Files, yang menunjukkan adanya lampiran dan file dari akun cloud terkait milik Anda.

Gunakan Outlook dengan Gmail App

Gmail dapat bekerja secara virtual dengan semua jenis akun email, termasuk men-setup sebuah akun Outlook, tanpa harus melakukan konfigurasi secara manual.

Secara default, Gmail tidak menawarkan push email terhadap setiap akun non-Gmail. Namun, Anda dapat menggunakan fitur “Gmailify“. Ini adalah salah satu dari beberapa fitur terbaik yang dimiliki Gmail, untuk memberikan akses akun email dari pihak ketiga ke dalam akun Gmail Anda, tanpa mengubah alamat e-mail Anda.

Cara Mengakses Outlook di Gmail App

  1. Buka Gmail dan geser keluar sidebar dari tepi kiri layar perangkat Anda. Klik tanda panah kecil di sebelah nama akun Anda dan pilih “Add account”.
  2. Klik “Outlook, Hotmail and Live” dari daftar pilihan setup yang tersedia. Masukkan alamat email, password, dan kode “Two-Factor Authentication” jika Anda menggunakannya.

  3. Selanjutnya, Anda harus memberikan izin akses agar aplikasi tersebut dapat berjalan di akun Gmail Anda, dengan cara klik “Yes”. Setelahnya akan ditampilkan halaman “Account options” pada layar perangkat Anda sebagai bagian dari pengaturan frekuensi sinkronisasi setiap 15 menit dari setiap e-mail yang masuk, dan centang setiap pilihan yang Anda inginkan untuk menyelesaikan proses setup, seperti:
    Notify me when emails arrive artinya beritahu saya jika ada email masuk.
    Sync emails from this account artinya sinkronisasikan semua email dari akun ini.
    Automatically download attachments when connected to WiFi artinya otomatis akan men-download setiap lampiran file ketika terhubung dengan Wifi.
    Atau Anda dapat mengabaikannya dengan menggunakan setting-an default yang tersedia, kemudian klik “Next
  4. Semua proses tersebut akan memerlukan waktu beberapa detik untuk loading atau memuat hingga semua data selesai dimuat. Dan setelah selesai, Anda akan dapat melihat semua e-mail yang masuk di akun Gmail Anda. Klik tulisan “Gmailify” di bagian atas layar, lalu klik “Give it a try”.

Ketika Anda mengaktifkan pilihan Gmailify, maka semua e-mail Anda dari akun Outlook atau akun lainnya secara otomatis diimpor ke akun Gmail Anda. Mereka akan disortir dan disaring seperti layaknya e-mail Gmail normal. Ketika Anda membalas setiap satu email, Anda akan terus menggunakan alamat email Outlook (atau lainnya).

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat…

menguasaienglish

Komentari Artikel dgn Facebook Anda:

author
Penulis: 
10 Cara Menggunakan Google yang Jarang sekali Orang Ketahui
10 Cara Menggunakan Google yang Jarang sekali Orang Ketahui
Ketika kita ingin mencari sesuatu secara online,
Internet Banking BRI (Cara Daftar, Aktivasi dan Penggunaan)
Internet Banking BRI (Cara Daftar, Aktivasi dan Penggunaan)
Saat ini sistem perbankan elektronik atau dikenal
Mengkonfigurasi Firewall dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (Third-Party)
Mengkonfigurasi Firewall dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (Third-Party)
Assalamu’alaikum… halo sobat Tips Dani semua… sebelumnya
Cara Set-Up VPN Sendiri tanpa Bantuan Software Mahal
Cara Set-Up VPN Sendiri tanpa Bantuan Software Mahal
Jika suatu saat Anda sedang berada jauh

Tinggalkan pesan "Tips Cara Mengakses Layanan E-Mail non-GMail pada Perangkat Android Anda"

Baca Juga×

Top