Internet Banking BRI (Cara Daftar, Aktivasi dan Penggunaan)

Di Internet

Saat ini sistem perbankan elektronik atau dikenal dengan istilah E-Banking sedang marak dipakai oleh masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia sebagai negara berkembang. Adapun pilihan menggunakan E-Banking ini adalah lebih ke arah praktis dan aman, dimana manusia di seluruh dunia saat ini cenderung untuk selalu melakukan aktifitasnya secara mobile (bergerak). Tentu ini akan berpengaruh terhadap perilaku masyarakatyang ingin mendapatkkan  akses kemudahan dimanapun dan kapanpun dalam melakukan transaksi keuangan mereka.

menguasaienglish

Terkait dengan ini, maka kali ini saya akan memberikan tips sekaligus ulasan mengenai aktifitas E-Banking yang ada di Indonesia, yang salah satunya adalah Internet Banking BRI. Mungkin ada pertanyaan mengapa saya membahas BRI?

Bank Rakyat Indonesia atau yang sering kita singkat BRI adalah salah satu bank terbesar di Indonesia dan merupakan bank tertua di Indonesia sejak didirikan pada tahun 1895 oleh kolonial Belanda. Saat ini 70% saham BRI adalah milik pemerintah dengan bentuk perusahaan persero.

Sejalan dengan peraturan pemerintah No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007, kini BRI mengembangkan ekspansi dengan memperluas layanan E-Banking dengan melakukan inovasi peluncuran satelit miliknya sendiri yang diberi nama BRISat yang nantinya diharapkan akan membantu sebagai sarana teknologi komunikasi intern antar pegawai BRI ataupun terhadap para nasabahnya yang tersebar di seluruh wikayah Indonesia.

Itulah sekilas mengenai BRI, namun kali ini saya tidak akan membahas dari sisi intern perbankan-nya. Melainkan saya disini akan memberikan tips untuk Anda cara menggunakan layanan Internet Bankin BRI secara lengkap, yang InsyaALLOH tips ini akan bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin merasakan kemudahan melalui layanan E-Banking BRI.

A. Cara Daftar Internet Banking BRI adalah sebagai berikut:

1. Pertama adalah tentunya Anda haruslah sebagai nasabah BRI dengan memiliki rekening tabungan dan ATM aktif di Bank BRI.

2. Lakukan pendaftaran Internet Banking BRI Anda melalui ATM, dan ikuti petunujuk yang diberikan seperti Anda diharuskan membuat password. Lalu setelahnya anda akan diberikan sebuah User ID untuk login di kemudian hari, semua ini akan tercetak dalam kertas struk yang keluar melalui mesin ATM Anda.

B. Cara Aktivasi Internet Banking BRI:

1. Masuklah ke halaman website BRI https://ib.bri.co.id

2. Masukkan [USER ID] dan [PASSWORD] yang telah Anda buat di point A bagian ke-2

3. Masukkan 4 digit [VALIDASI] yang tertera di layar.

4. Lalu klik [MASUK] untuk memulai akses menu yang ada di Internet Banking BRI.

5. Jika Anda melakukan login ini untuk yang pertama kali, maka Anda akan diminta untuk membaca dulu syarat-syarat serta ketentuan-ketentuan yang diatur oleh BRI. Jika Anda telah setuju maka klik [SETUJU] yang artinya Anda telah tunduk dengan segala hukum dan peraturan yang berlaku sebagai nasabah BRI.

6. Berikutnya adalah proses Aktivasi dimana Anda diharuskan untuk mengganti password lama Anda dan juga memasukkan alamat email Anda

7. Masukkan password lama Anda ke dalam kolom [MASUKKAN PASSWORD LAMA]

8. Kemudian masukkan password baru Anda ke dalam kolom [MASUKKAN PASSWORD BARU], dengan Ketentuan password baru adalah sebagai berikut:

  • Password haruslah Terdiri dari 8 sampai 12 digit , dan harus terdiri dari gabungan huruf dan angka (Contoh: sumedang86) boleh huruf besar atau kecil
  • Password baru Anda tidak boleh sama dengan salah satu dari 3 password terakhir yang pernah Anda gunakan seelumnya.
  • Password Anda tidak boleh sama dengan USER ID.
  • Password Anda tidak boleh mengandung spasi di depan, tengah & belakang.

9. Langkah selanjutnya adalah mngetik kembali password baru di kolom [KONFIRMASI PASSWORD BARU].

10. Laku masukkan alamat email Anda di kolom [EMAIL].

11. Langkah terakhir klik [UBAH] sebagai bentuk konfirmasi terhadap password dan email baru yang telah Anda buat, atau [HAPUS] jika Anda ingin menghapus semua data yang telah diketik sebelumnya.

C. Cara Menggunakan Internet Banking BRI:

  1. Klik pada menu [TRANSFER].
  2. Pilihlah [TRANSFER SESAMA BRI].
  3. Pilihlah sebuah rekening yang akan Anda debit dari daftar [DARI REKENING].
  4. Kemudian pilih rekening yang akan dikredit dari daftar Anda atau tuliskan rekening tujuan di kolom [KE REKENING].
    Sebagai catatan bahwa Internet Banking BRI tidak dapat memproses transfer ke rekening dalam bentuk USD.
  5. Tulis jumlah uang yang akan ditransfer pada kolom [JUMLAH].
  6. Lalu klik [KIRIM] sebagai konfirmasi, atau [HAPUS] untuk menghapus semua data yang telah Anda masukkan sebelumnya, atau [BATAL] jika Anda ingin membatalkannya.
  7. Jika Anda memilih opsi [KIRIM], maka di layar berikutnya Anda harus klik [KONFIRMASI DATA]. Layar ini akan menampilkan semua informasi yang telah Anda ketik sebelumnya.
  8. Kemudian Anda ajan diminta untuk memasukkan Password Internet Banking Anda.
  9. Pastikan bahwa Server ID di layar Internet Banking haruslah sama dengan Server ID pada SMS di handphone Anda.
  10. Masukkanlah mTOKEN yang telah Anda terima di SMS.
  11. Klik [KEMBALI] jika Anda ingin kembali pada menu sebelumnya untuk mengkoreksi kesalahan, atau [BATAL] jika Anda ingin membatalkan proses transfer dana, atau [KIRIM] untuk mengirim instruksi ke Bank BRI.
  12. Dan jika Anda memilih untuk mengkonfirmasi instruksi, pada tampilan layar berikutnya akan ada informasika nomor referensi untuk menghubungi Bank BRI Call Center apabila terdapat pertanyaan atau masalah (dispute).
  13. Terakhir klik [TUTUP] untuk kembali ke menu awal.

Demikian tips mengenai cara menggunakan Internet Banking BRI, semoga bermanfaat…

menguasaienglish

Komentari Artikel dgn Facebook Anda:

author
Penulis: 
10 Cara Menggunakan Google yang Jarang sekali Orang Ketahui
10 Cara Menggunakan Google yang Jarang sekali Orang Ketahui
Ketika kita ingin mencari sesuatu secara online,
Mengkonfigurasi Firewall dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (Third-Party)
Mengkonfigurasi Firewall dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (Third-Party)
Assalamu’alaikum… halo sobat Tips Dani semua… sebelumnya
Cara Set-Up VPN Sendiri tanpa Bantuan Software Mahal
Cara Set-Up VPN Sendiri tanpa Bantuan Software Mahal
Jika suatu saat Anda sedang berada jauh

Tinggalkan pesan "Internet Banking BRI (Cara Daftar, Aktivasi dan Penggunaan)"

Baca Juga×

Top