Cara Sederhana Mengobati Gangguan Mata Minus

Di Mata

Mata minus atau yang kita kenal dengan istilah rabun jauh adalah sebuah gejala kelainan yang terjadi pada mata manusia yang menyebabkan ketidakmampuan untuk melihat objek atau benda secara baik yang berjarak cukup jauh.

menguasaienglish

Umumnya masyarakat di Indonesia banyak yang mengalami gejala mata minus seperti ini dan tentunya sangat merasa tidak nyaman, yang pastinya mereka akan mencari bagaimana cara menyembuhkan penyakit mata minus seperti ini.

Nah… pada kesempatan ini Tips Dani akan membahas mengenai cara penyembuhan penyakit mata minus. Namun alangkah baiknya sebelum kita membahas lebih lanjut tentang mata minus, kita harus tahu dulu hal yang menyebabkan mata menjadi minus.

Pada umumnya masyarakat perkotaan memiliki resiko yang cenderung lebih tinggi mengalami gejala dan kelainan pada mata, seperti penyakit mata minus. Hal ini dikarenakan masyarakat kota cenderung untuk menggunakan mata dengan jarak pandang yang tidak jauh, contohnya seperti membaca buku dalam ruangan yang minim cahaya, atau menggunakan handphone dengan jangka waktu yang lama. Hal inilah yang dapat menyebabkan kelelahan pada otot mata yang semestinya berfungsi untuk mengatur fokus mata, maka lama-lama lensa mata akan mengalami penurunan fungsi.

Ketika lensa mata telah mengalami penurunan fungsi, maka pada saat mata digunakan untuk melihat objek atau benda yang jaraknya cukup jauh, lensa mata tidak akan mendapatkan fokus yang baik. Hal ini dikarenakan kebiasaan mata yang telah terbiasa melihat objek dengan jarak yang sangat dekat. Sering menonton televisi dengan jarak yang terlampau dekat, mengkonsumsi zat gula secara berlebihan, menggunakan computer atau handphone dengan jarak dekat dan durasi yang terlalu lama. Semua itu merupakan hal-hal yang dapat menyebabkan mata menjadi minus.

Lalu bagaimanakah cara untuk penyembuhan mata minus? Berikut ini saya jelaskan kangkah sederhana untuk menyembuhkannya, dan dapat Anda rasakan hasilnya.

1. Relaksasi
Cobalah duduk dengan posisi yang nyaman lalu kemudian susun dan taruhlah beberapa buah bantal yang tingginya disesuaikan sejajar dengan mata. Lalu tempatkan kedua siku Anda pada bantal tersebut, setelah itu tutup mata Anda dengan menggunakan kedua tangan hingga Anda merasa tidak dapat melihat cahaya sedikitpun. Bernapaslah secara perlahan, dan bayangkanlah sebuah kegelapan di sekitar Anda. Lakukanlah selama 10 menit kemudian ulangi secara rutin setiap hari.

2. Lakukan aktifitas sehari-hari tanpa kacamata
Jika Anda terlanjur menggunakan kacamata, maka cobalah sekali-kali untuk melepaskan kacamata Anda, jika kacamata tersebut dirasa bisa dilepas, misalnya pada saat Anda sedang tidak melakukan aktifitas apapun. Sebagai catatan bahwa cara ini dapat dilakukan apabila minus mata Anda masih tergolong biasa atau tidak terlalu parah. Dan saya tidak menganjurkan ini untuk dilakukan oleh Anda yang menderita minus parah.

3. Cobalah untuk melihat benda-benda bergerak di sekitar
Contohnya, ketika Anda sedang berada keramaian jalan raya, cobalah untuk mengamati benda-benda yang ada di sekitar jalan tersebut, seperti motor, mobil, atau orang-orang yang sedang berlalu-lalang. Perhatikan setiap detail pergerakan benda-benda tersebut, usahakanlah agar setiap bayangan yang tampak terlihat utuh dan jelas.

4. Konsumsi wortel
Semua orang sudah tahu tentang manfaat wortel untuk mata, konsumsilah sayuran wortel dengan rutin. Karena pada wortel terdapat banyak kandungan vitamin A yang tentunya sangatlah baik untuk kesehatan mata Anda. Dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum kandungan vitamin A-nya berkurang, seperti dibuat jus atau salad.

5. Konsumsi sayur bayam
Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Berbagai macam vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh telah terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah kandungan vitamin A yang baik untuk mata. Jika Anda rajin mengkonsumsi sayur bayam maka sangat baik untuk kesehatan mata Anda.

6. Masker mata dengan daun sirih
Ambil dua lembar daun sirih segar, cuci daun sirih tertsebut dengan air bersih agar kotorannya hilang, kemudian tempelkanlah sebagai masker di bagian luar kelopak mata Anda sebelum tidur di malam hari. Lakukanlah secara rutin hingga Anda merasakan hasilnya pada mata Anda.

7. Gunakan obat tetes mata yang direkomendasi medis
Jika Anda pulang dari bepergian atau setelah beraktifitas di udara terbuka, seperti berenang, berkendara, atau aktifitas lainnya, sebaiknya bersihkanlah mata Anda dengan menggunakan tetes mata yang telah dianjurkan oleh medis. Fungsinya adalah agar mata terhindar dari iritasi ringan, dan kembali segar setelah lelah beraktifitas.

8. Selalu menggunakan kacamata saat Anda berkendara
Adakalanya mungkin Anda sering bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor terlebih dalam jangka waktu yang lama. Gunakanlah kacamata saat Anda berkendara, agar mata terhindar dari iritasi kontak secara langsung dengan udara luar.

9. Mengkonsumsi buah tomat
Seperti halnya wortel dan bayam, tomat pun tak kalah akan kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Rajin-rajinlah untuk selalu mengkonsumsi buah tomat dalam berbagai bentuk olahannya

10. Perbanyaklah makan Buah-buahan
Semua buah tentunya bersifat sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. Tak terkeculi mata Anda akan mendapat asupa nutrisi yang baik jika Anda rajin mengkonsumsi buah secara teratur.

Demikian tips kali ini, saya harapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi atau mencegah gangguan mata minus dan penyakit mata lainnya. Sampai jumpa di tips berikutnya.

menguasaienglish

Komentari Artikel dgn Facebook Anda:

author
Penulis: 
No related post!

Tinggalkan pesan "Cara Sederhana Mengobati Gangguan Mata Minus"

Baca Juga×

Top