Cara Mudah Upgrade Kernel Linux Ubuntu Dengan Ukuu

Di Linux

Meng-upgrade kernel Linux secara manual bukanlah sesuatu yang sederhana, hal itu memerlukan cukup pengetahuan dan keahlian tentang Linux OS. Bagi sebagian orang di Indonesia Linux mungkin OS yang masih jarang digunakan. Reputasinya kalah oleh Windows dari Microsoft dengan berbagai ragam jenisnya. Dan dikalangan para user, alasan untuk tidak menggunakan Linux adalah karena masih dianggap susah dan hanya dimengerti oleh sebagian orang yang memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman saja.

menguasaienglish

Dapat dimaklumi mengapa orang lebih menyukai Windows OS ketimbang Linux, dikarenakan sifat dari Windows yang sangat mudah dalam hal penggunaannya. Siapapun dapat menggunakan Windows dengan mudah tanpa harus memiliki pengetahuan tentang computer, bahkan bisa digunakan untuk pemula sekalipun.

Apa itu Kernel?

Sebelum melangkah lebih jauh, mungkin ada yang bertanya apakah yang dimaksud dengan Kernel? Kernel pada dasarnya adalah bagian penting atau inti dari perangkat lunak yang ditanamkan di setiap sistem operasi. Ini bertindak sebagai mediator antara perangkat lunak yang Anda jalankan (seperti misalnya web browser) dengan perangkat keras yang digunakan (seperti computer). Pada dasarnya, tanpa kernel maka semua program yang ada di computer Anda tidak akan bisa berfungsi karena mereka tidak dapat mengakses sumber daya komputer Anda.

Sebagai contoh sederhana misalnya, ketika Anda membuka task manager (Ctrl+Alt+Del), maka ada sebuah sistem di komputer Anda yang secara otomatis akan mengambil beberapa jumlah resource memori untuk dipakainya. Inilah cara kernel sistem bekerja dan berjalan secara diam-diam untuk mengalokasikan sebuah resource memori untuk digunakan pada program yang sedang Anda perintahkan utnuk berjalan.

Setiap sistem operasi memiliki kernel yang berbeda satu sama lain. Contohnya untuk para pengguna Linux OS, menggunakan sistem operasi yang dibangun di atas kernel Linux. Seperti juga halnya pada Windows OS, menggunakan sistem operasi yang dibangun di atas kernel NT, dan kernel XNU untuk para pengguna Mac OS.

Mengapa harus meng-upgrade kernel?

Seperti yang telah saya terangkan di atas bahwa sebuah kernel merupakan inti dari sebuah program computer. Maka jika ada pertanyaan, mengapa sebuah kernel harus di-upgrade?, maka jawabannya adalah agar memberikan dukungan yang lebih baik untuk sistem komputer Anda, dan untuk meningkatkan kinerja komputer Anda lebih baik dari sebelumnya.

Apa yang dimaksud dengan Ukuu?

Ukuu adalah singkatan dari “Ubuntu Kernel Update Utility”, yaitu sebuah program dengan fungsi dan kemampuan untuk memperbarui kernel Ubuntu Anda secara lebih mudah. Cara kerja Ukuu adalah berjalan dengan cara men-download kernel yang lebih baru dari internet, dan menggantinya jika terdapat setiap perubahan yang baru untuk system Anda. Yang Anda harus lakukan hanyalah memilih kernel mana yang Anda inginkan, dan Ukuu akan melakukannya untuk Anda, tanpa Anda harus repot melakukan sesuatu.

Dengan kata lain, Ukuu akan memperbarui kernel Anda seperti layaknya Anda sedang meng-install sebuah salinan baru ke dalam sistem Linux OS lama Anda. Jika secara manual Anda harus direpotkan untuk melakukan instalasi Anda satu-persatu, dan hal ini dapat memakan waktu yang cukup lama. Tetapi dengan menggunakan Ukuu membuat proses ini semudah menginstal program dari Ubuntu Software Center.

Cara mendapatkan Ukuu

Masukkan perintah ini di terminal Linux Anda untuk menginstal Ukuu:

  1. sudo apt-add-repository -y ppa:teejee2008/ppa
    Anda tidak bisa mendapatkan Ukuu secara default dari daftar perangkat lunak yang Ubuntu sediakan. Maka dengan menggunakan perintah di atas, Anda akan diarahkan menuju Package Manager (seperti APT) untuk memilih jenis kernel yang diinginkan. Package Manager, bekerja dengan mengambil semua daftar perangkat lunak yang tersedia dan memungkinkan untuk di-install.
  2. sudo apt-get updatePerintah kedua memastikan bahwa semua daftar perangkat lunak yang tersedia ini adalah benar-benar yang terbaru atau up to date. Jika Anda tidak menggunakan perintah ini, maka daftar perangkat lunak yang akan ditampilkan hanyalah daftar yang lama, dan Anda tiak akan menemukan Ukuu.
  3. sudo apt-get install ukuu
    Perintah di atas adalah untuk mulai melakukan proses download dan proses install program. Atau Anda bisa juga melakukannya dengan cara membuka Ubuntu Software Center, dan menginstal Ukuu dari sana secara manual.
  4. ukuu-gtk
    Setelah semua itu dilakukan dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah memulai untuk me-launch semua program dengan menggunakan perintah di atas. Atau Anda juga dapat membuka Ukuu dengan mencarinya di Dash Linux.

Instalasi Kernel Dengan Ukuu

Ukuu akan menyajikan kernel terbaru di bagian atas jendela layar Anda. Anda juga akan dapat melihat versi kernel yang sedang Anda jalankan, sehingga Anda tidak perlu melakukan pengecekan terhadap jenis kernel Anda. Setelah memilih versi kernel yang Anda inginkan, klik tombol Install untuk memulai proses.

Pada layar Anda akan terlihat Terminal sedang menunjukkan proses instalasi kernel. Pastikan Anda telah memasukka password administrator Anda secara benar.

Lalu Setelah Anda reboot komputer Anda, maka selamat…!!! Anda telah berhasil memperbarui kernel Linux Anda.

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat…

menguasaienglish

Komentari Artikel dgn Facebook Anda:

author
Penulis: 
No related post!

Tinggalkan pesan "Cara Mudah Upgrade Kernel Linux Ubuntu Dengan Ukuu"

Baca Juga×

Top