Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Berbasis Android

Di Android

Apakah smartphone Android Anda mengalami bootloop, mati total, atau tiba-tiba sering restart sendiri? Jika iya… jangan panik dulu, apalagi putus asa, karena bukan hanya Anda saja yang sering mengalami hal semacam ini, dan ini juga sering dialami para pengguna Android lainnya. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara mengatasi semua masalah pada smartphone Android tersebut?

menguasaienglish

Nah… pada Tips Dani kali ini saya akan mencoba untuk membantu permasalahan Anda tersebut. Saya berpendapat bahwa cara mengatasi semua masalah pada smartphone Android yang bootloop sangat sederhana dan mudah adalah dengan cara mengembalikan ke “Setelan Pabrik” atau “Factory Reset“ melalui “Recovery Mode”. Namun untuk Anda yang belum pernah melakukannya, akan saya jelaskan terlebih dahulu. Factory Reset adalah suatu cara untuk mengembalikan setelan sebuah smartphone Android pada kondisi awal, atau seperti saat pertama kali Anda membelinya.

Ada beberapa Jenis Bootloop pada smartphone Android yang pelu Anda ketahui:

  1. Light Bootloop
    Yaitu suatu kondisi yang biasanya terjadi pada ponsel atau tablet Android yang ketika pemakain awal semua berjalan normal, tapi kemudian tiba-tiba Android tersebut mengalami reboot atau bahkan restart sendiri, namun pada saat akan dihidupkan lagi hanya sampai logo saja dan biasanya akan berhenti disitu tanpa bisa masuk ke menu awal. Ini termasuk kategori kerusakan ponsel Android tingkat rendah
  1. Medium Bootloop
    Yaitu suatu kondisi yang biasanya terjadi pada ponsel atau tablet Android akibat pengguna suka iseng mengotak-atik ponsel Android-nya dan masuk ke System Recovery tanpa mengerti sama sekali. Ini termasuk kategori kerusakan ponsel Android tingkat menengah.
  1. Hard Bootloop
    Yaitu suatu kondisi yang biasanya terjadi pada ponsel atau tablet Android akibat adanya kegagalan dalam proses updating sricpt di dalam sistem. Atau mungkin terjadi manakala seseorang bermaksud untuk melakukan proses “Rooting” dengan tujuan untuk bisa masuk ke dalam sistem admin android. Bootloop Android semacam ini umumnya memiliki ciri yaitu saat dinyalakan hanya akan sampai logo saja, dan tak akan pernah bergerak lagi. Ini termasuk kategori kerusakan ponsel Android tingkat tinggi

Pada umumnya hampir semua permasalahan pada ponsel atau tablet Android dapat diatasi dengan cara melakukan “Factory Reset”. Namun, cara memiliki resiko akan kehilangan data-data penting yang ada di dalam ponsel tersebut, sehingga diperlukan kehati-hatian dalam melakukannya. Yaitu dengan cara melakukan backup terhadap semua data penting milik Anda sebelumnya.

Saya menyarankan agar sebaiknya Anda melakukan “Factory Reset” hanya sebagai opsi terakhir saja, atau jika semua cara sudah dilakukan namun belum berhasil. Jika Anda memang sudah yakin bahwa tidak ada solusi lain, maka Anda bisa melakukan langkah “Factory Reset” dengan cara sebagai berikut:

  • Masuklah ke menu Setting >> Privacy >> Factory Data Reset

Namun jika smartphone atau tablet Android Anda dalam kondisi mati total, caranya adalah sebagai berikut:

  • Lakukanlah “Factory Reset” melalui “Recovery Mode”, dengan cara menekan tombol “Power”, “Volume (+)(-)” secara bersamaan
  • Tunggu hingga masuk menu “Recovery Mode” pada ponsel Anda
  • Kemudian pilih “Factory Reset” dengan menggunakan tombol volume dan power
  • Tunggu hingga proses tersebut selesai

Masalah lain adalah adakalanya tidak semua jenis smartphone Android selalu kompatibel dengan menu tersebut. Jika smartphone yang Anda miliki seperti ini, maka solusinya adalah dengan cara menggunakan aplikasi dari pihak ketiga atau dengan istilah “Third Party”, seperti “ClockwordMod Recovery” atau “xRecovery” .

Demikian Tips kali ini, semopga bermanfaat…

menguasaienglish

Komentari Artikel dgn Facebook Anda:

author
Penulis: 
Cara Melindungi Data dari Pencurian pada Aplikasi Perangkat Android
Cara Melindungi Data dari Pencurian pada Aplikasi Perangkat Android
Tanpa disadari, ternyata ada banyak aplikasi yang
Tips Cara Menggunakan Fitur Dasar di WhatsApp Messenger
Tips Cara Menggunakan Fitur Dasar di WhatsApp Messenger
Tahukah Anda sobat Tips Dani bahwa aplikasi

Tinggalkan pesan "Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Berbasis Android"

Baca Juga×

Top