Cara Mudah Konfigurasi MySQL Ketika Pertamakali Menggunakan Hosting IDHostinger

Assalamu’alaikum sobat Tips Dani…

menguasaienglish

Melanjutkan bahasan saya di waktu yang lalu mengenai layanan hosting IDHostinger, kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara untuk melakukan konfigurasi terhadap database MySQL ketika Anda pertamakali akan menggunakan layanan hosting ini.

Sekedar review bahwa saya pernah membahas mengenai 10 Langkah Cara Hosting Website di IDHostinger 100% Gratis, dan saya yakin beberapa dari Anda tentu ada yang sudah mempraktekkannya bahkan sudah memiliki sebuah akun hosting di IDHostinger.

Baiklah… saya anggap Anda sudah melakukan apa yang telah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang IDHostinger. Jika demikian maka hal yang pertamakali Anda lakukan yaitu melakukan konfigurasi terhadap database MySQL yang nantinya akan berhubungan dengan segala aktifitas yang akan dikelola pada hosting Anda tersebut.

Seperti pada umumnya semua bentuk file web yang Anda kerjakan nantinya akan berhubungan dengan sebuah database MySQL, ini adalah hal yang sangat dasar pada proses pengelolaan sebuah website. Oleh karena itu para pekerja website atau orang yang melakukan tata kelola terhadap sebuah website haruslah  memiliki kemampuan dasar ini.

Namun jangan khawatir bagi para pemula sekalipun, di Tips Dani Anda akan saya bantu untuk melakukan konfigurasi ini, dengan cara sebagai berikut:

  1. Pertama Anda harus login ke halaman Cpanel Hosting dari Subdomain yang telah Anda buat sebelumnya. Lakukan scrolling down (ke bawah) pada “Database” menu. Lalu klik tombol “Database MySQL”.
  2. Akan terbuka menu “Buat Database dan User Database MySQL”. Kemudian isi semua kolom yang diminta, sebagai contoh saya mengisinya seperti yang terlihat pada gambar (mungkin akan berbeda dengan yang Anda isi);
    Nama Database MySQL               u313868770_ mhs
    Username MySQL
                              u313868770_ mhs
    Password

    Masukkan Password Kembali
    Setelah semua Anda isi lalu klik tombol “Buat”.
  3. Semua data yang telah Anda masukkan tadi akan ter-generate ke dalam “Daftar Database dan User Database MySQL” seperti terlihat pada gambar di bawah.
  4. Login kembali menuju halaman Cpanel Hosting dari Subdomain yang telah Anda buat. Lakukan scrolling down (ke bawah) pada “Database” menu. Lalu klik tombol “PhpMyAdmin”.
  5. Akan terbuka menu “Daftar Database Saat ini” dengan nama database yang telah saya buat tadi, yaitu Database MySQL dan User MySQL dengan nama “u313868770_ mhs”. Pada kolom “Tindakan” klik “Masuk PhpMyAdmin”.
  6. Akan terbuka menu “phpMyAdmin” lalu klik pada bagian “Impor” untuk melakukan uploading berkas file ke dalam database yang sudah saya buat sebelumnya, (namun jika berkas file belum pernah Anda buat, maka Anda bisa langsung membuatnya dengan meng-klik bagian “Struktur”). Klik tombol “Browse” untuk mencari berkas file yang akan di-upload dari komputer Anda. Lalu klik “Kirim” untuk memulai proses uploading.
  7. Tunggulah hingga proses uploading selesai, sampai semua berkas file yang telah di-impor tadi masuk ke dalam tabel database server pada cPanel IDHostiner. Dan jika semua proses impor dari keseluruhan berkas file Anda sudah selesai dilakukan, maka hasilnya akan seperti gambar yang terlihat di bawah ini.

Sebagai catatan mungkin tampilan yang Anda lihat akan sedikit berbeda dengan gambar-gambar ilustrasi yang saya berikan. Tentunya ini hanyalah perbedaan pada jenis dan nama database yang Anda gunakan. Anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya ini sama saja, dan akan berjalan sebagaimana mestinya jika memang Anda telah mengikuti semua langkah-langkah yang saya berikan dengan baik sesuai aturan.

Demikian tips kali ini, dan ikuti terus tips selanjutnya dari saya. Karena bahasan mengenai IDHostinger tentu sangatlah banyak dan tidak hanya selesai sampai disini saja. InysaALLOH masih banyak tips yang akan saya berikan di kemudian hari yang tak kalah menarik dan tentu masih berhubungan dengan seputar dunia hosting.

Jazakallohu khoir, semoga bermanfaat…

menguasaienglish

Komentari Artikel dgn Facebook Anda:

author
Penulis: 
Tips Memilih Hosting Untuk Membangun Toko Online Professional
Tips Memilih Hosting Untuk Membangun Toko Online Professional
Berjualan di dunia maya atau istilah kerennya
Cara Mendapatkan Uang dan Berbagai Penawaran Gratis dari IDHostinger
Cara Mendapatkan Uang dan Berbagai Penawaran Gratis dari IDHostinger
Halo sobat Tips dani…, di beberapa postingan
10 Langkah Cara Hosting Website di IDHostinger 100% Gratis
10 Langkah Cara Hosting Website di IDHostinger 100% Gratis
Melanjutkan bahasan saya yang lalu tentang IDHostinger
IDHostinger Hosting Gratis dan Hosting Murah Terbaik Indonesia
IDHostinger Hosting Gratis dan Hosting Murah Terbaik Indonesia
Kabar gembira bagi Anda para pekerja online

Tinggalkan pesan "Cara Mudah Konfigurasi MySQL Ketika Pertamakali Menggunakan Hosting IDHostinger"

Baca Juga×

Top