Cara Menggunakan Link2SD untuk Memindahkan Aplikasi Android ke SDCard

Di Gadget

Lanjutan dari tutorial sebelumnya yang menjelaskan cara memindahkan Aplikasi Android ke SDCard serta kita juga udah membuat panduan cara mempartisi SD Card. Pada dasarnya cara menggunakan Link2SD tidak ada yang sulit dan tidak perlu pengaturan khusus, cuma saya ingin memberikan petunjuk cara penggunaan Link2SD yang benar.

menguasaienglish

Sebaiknya anda tidak menggunakannya lewat menu “Move to SD card” yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, tetapi melalui pilihan “Create link”.

Perlu diketahui bahwa aplikasi semacam Link2SD tidak secara total memindahkan semua data aplikasi (app, dalvik-cache & library) dari internal memori ke external memori SDCard, tetapi tetap ponsel anda membutuhkan jatah sedikit space memori internal untuk menjalankan aplikasi walaupun persentasenya sangat kecil. “Create link” milik Link2SD mekanismenya membuat link dari data aplikasi yang sudah dipindah ke SD Card agar terhubung dengan sebagian kecil data di internal memori sehingga aplikasi tetap berjalan normal seperti biasanya.

Yang menyebabkan space memori internal anda tetap penuh bisa juga karena ada file-file lain seperti video, musik, foto, temporary file, dll yang masih/belum sempat dipindahkan dari sana. Recommend juga menginstall aplikasi pembersih sampah sistem seperti CCleaner agar ruang yang tersedia lebih lega dan performa HP android anda lebih cepat.

Cara Mudah Menggunakan Link2SD untuk Memindahkan Aplikasi Android ke SDCard

  • Jalankan Link2SD
  • Sekarang coba pilih aja aplikasi yang mau dipindahin dari daftar apps pada tampilan Link2SD
  • Kemudian, tap dan tahan aplikasi yang anda pilih sampai muncul pop up menu. Plihlah “Create link”
    Cara Menggunakan Link2SD

    Gambar 1

    Cara Menggunakan Link2SD 2

    Gambar 2

  • Perhatikan salah satu aplikasi pada Gambar 1 (lingkaran merah), App tersebut sudah terinstall sebelumnya di internal memori dan sekarang mau saya coba pindahkan ke eksternal SDCard.
  • Selanjutnya gunakan fasilitas Create link seperti pada Gambar 2, lalu centang semua opsi Link yang ada dan tap tombol OK.
    Cara Menggunakan Link2SD 3
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses create link aplikasi selesai, sampai muncul tampilan seperti ini:Cara Menggunakan Link2SD 4
  • Selamat data aplikasi tersebut sudah di linked dan dipindahkan ke SD Card!

Tips Trik Menggunakan Link2SD:

– Untuk mengetahui apakah suatu aplikasi sudah ter-linked atau belum, bisa anda cek dengan cara melakukan langkah “Create link” seperti di atas. Jika statusnya sudah linked maka akan muncul peringatan “already linked“.

Cara Menggunakan Link2SD 5

– Link2SD juga memiliki fitur Multi Select yaitu bisa memindahkan banyak aplikasi sekaligus ke SDCard. Sangat praktis bagi anda yang terlanjur sudah install banyak aplikasi di ponsel daripada memindahkannya satu-persatu.

Cara menggunakannya cukup lihat daftar aplikasi anda di Link2SD, lalu pilih tombol Options -> tap  multi-select -> pilih Select all.

Cara Menggunakan Link2SD 6

Setelah semua apps tercentang tap tombol Actions -> tap Create link

Cara Menggunakan Link2SD 7

Seperti biasa tunggu hingga proses linking selesai.

– Panduan di atas merupakan Cara Manual memindahkan aplikasi ke SDCard. Selanjutnya bagaimana agar aplikasi baru bisa pindah otomatis ke SDCard?? Anda bisa mengatur/setting supaya setiap menginstal aplikasi entah itu dari Playstore atau lainnya bisa otomatis masuk ke memori external.

Pengaturannya:

Pergi ke tombol Options Link2SD lalu pilih menu Settings. Silahkan ceklis aja opsi Auto link. Lihat gambar:

Cara Menggunakan Link2SD 8

Begitulah cara menggunakan Link2SD, sangat mudah ya.

menguasaienglish

Komentari Artikel dgn Facebook Anda:

Tags: #Android

author
Penulis: 
Gambar DP BBM Lucu Bergerak Terbaru 2015
Gambar DP BBM Lucu Bergerak Terbaru 2015
Kumpulan foto dp bbm lucu bergerak suka
Aplikasi Download Video Youtube
Aplikasi Download Video Youtube
Cara download video Youtube di Android mudah
Cara Root Android dengan PC Pake Kingroot for Windows
Cara Root Android dengan PC Pake Kingroot for Windows
Sebelumnya kita sudah bahas cara mudah unroot

Tinggalkan pesan "Cara Menggunakan Link2SD untuk Memindahkan Aplikasi Android ke SDCard"

Baca Juga×

Top